Lakukan Hal Kecil Untuk Mencegah Terjadinya Bencana Alam

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki tingkat kerentanan bencana cukup tinggi. Hal tersebut karena letak geografis Indonesia yang berada diantara tiga lempeng sehingga meningkatkan berbagai macam bencana alam. Bencana alam besar maupun kecil pernah terjadi di Indonesia, mulai dari gempa bumi, tsunami, gunung meletus, tanah longsor, banjir, kekeringan dan lain-lain BeeHappy
Memang bencana alam terjadi karena faktor alam. Namun ada juga beberapa bencana yang timbul atau diperparah dengan aktifitas manusia. Bencana alam memiliki dampak terhadap manusia dan alam oleh sebab itu kita perlu melakukan tindakan untuk mengurangi dampak bencana alam. Mengurangi dampak bencana alam dapat kita lakukan dengan membiasakan hal-hal kecil yang dimulai dari diri sendiri dan lingkungan kita.
Jangan Membuang Sampah Sembarangan
Sampah menjadi salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya banjir ketika musim hujan. Sampah yang menumpuk di sungai dan diselokan akan membuat banjir ketika hujan. Oleh sebab itu ,perlu adanya kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan. Sampah yang dibuang sembarangan akan menimbulkan berbagai macam masalah seperti masalah banjir, kotornya lingkungan akan menyebabkan timbul berbagai macam masalah kesehatan.
Hemat Menggunakan Air
Air menjadi salah satu sumber kehidupan untuk makhluk hidup. Oleh sebab itu, kita harus bijak dalam menggunakan air , mengingat bencana kekeringan sudah sering terjadi. Bencana kekeringan yang terjadi menandakan air telah berkurang jumlahnya dan kita harus mulai berhemat dalam menggunakan air untuk kelangsungan hidup masa depan.
Menanam Pohon
Pohon menjadi unsur penting untuk menopang bumi kita. Pohon dapat menyimpan air, mencegah tanah longsor, mencegah banjir, menjadi sumber oksigen dan menjadi sumber makanan bagi makhluk hidup. Tidak ada salahnya kita untuk menanam pohon dilingkungan rumah.
Membuat Saluran Irigasi
Saluran irigasi sangat penting untuk mengalirkan air ketika musim hujan. Irigasi menjadi upaya untuk menangai bencana banjir. Dengan adanya irigasi tentu air hujan yang turun akan mengalir dan tidak menggenang.

Komentar